Selasa, 06 Desember 2011

Pembuatan SKCK

Bro,sist,agan,dan aganwati..
Ane cuma mau share nih pengalaman ane bikin SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Kebutuhan SKCK adalah syarat untuk melamar pekerjaan,umumnya buat ngelamar CPNS ato BUMN.

Syarat pembuatannya lumayan ribet,jd ada baiknya dipersiapin dulu,berikut proses dan tahap2 pembuatan SKCK:

  1. Surat Keterangan dari RT/RW. nah dr sini aja udah keliatan kan syaratnya ribet :D Jadi datanglah ke pak RT minta surat keterangan,bilang aja pengantar untuk buat SKCK. Udah ada template nya kok gan,jd cuma perlu diisi nama agan,alamat dan lain2. Ntar abis itu suratnya Ditandatangan dan di cap ama RT. setelah itu agan bawa suratnya ke Pak RW agan buat ditandatangan dan di Cap juga. Biayanya gratis. Oiya gan jangan lupa untuk fotokopi sebagai arsip kita.
  2. Surat Keterangan dr Lurah,Camat,ato Polsek Setempat, sebelumnya agan tanya dulu ke Pak RT ato RW,setelah agan dpt surat pengantar dr RT/RW agan harus lanjut kemana. Kadang di tiap daerah beda, misalnya aja di daerah Jakarta ada yang harus ke kelurahan & kecamatan dulu untuk dapet surat pengantar pembuatan SKCK di Polres,ato kyk ane Pak RW nya langsung nyaranin ane ke Polsek setempat. Di polsek kita ditanya apa keperluan kita,bilang aja kalo kita mau urus pembuatan SKCK. Jangan takut gan..polisinya ramah kok :D Nanti di Polres kita akan dibuatkan Surat Catatan Kriminal yang fungsinya sebagai surat pengantar saat kita urus SKCK di Polres nanti. disini kita kena biaya Rp. 10.000. Oiya jangan lupa tanya Polres mana yang harus kita tuju untuk pembuatan SKCK di wilayah agan,trus fotokopi suratnya juga ya sebagai arsip.
  3. Setelah kedua surat keterangan/pengantar didapat sekarang agan menuju Polres setempat yang berwenang mengeluarkan SKCK agan jangan lupa persiapkan fotokopi Kartu Keluarga, fotocopy KTP, foto 4x6 & 3x4 (bawa minimal 5 lbr), Surat Pengantar dr RT/RW, Surat Pengantar dr Kelurahan/Kecamatan/Polsek. Ada 1 syarat lagi yaitu lembar sidik jari, agan bisa buat lembar sidik jari agan di Polres setempat. Nanti disana agan akan diminta mengisi formulir,kemudian diminta kelima sidik jari tangan kiri dan kanan. Agan dimintai biaya sukarela untuk pembuatan lembar sidik jari. Setelah semua syarat sudah lengkap, agan ke loket khusus pembuatan SKCK nanti disana agan diminta mengisi formulir lagi tentang data diri agan dan catatan kriminal agan. Setelah selesai agan serahkan formulir yang agan sudah isi beserta dengan syarat-syarat diatas. Udah deh gan tinggal tunggu aja SKCK nya jadi,biasanya baru jadi besok harinya. Biaya untuk pembuatan SKCK Rp.10.000.
Estimasi pembuatan SKCK 2 hari, Surat pengantar dari RT/RW dan Surat Keterangan Kelurahan/Kecamatan/Polsek bisa jadi dalam waktu 1 hari. Untuk di Polseknya perlu diperhatikan bahwa jam kerja pembuatan SKCK dimulai dr jam 08:00 - 12:00 jadi jangan sampai agan kesana dan loketnya sudah tutup ya.. Sedangkan waktu untuk pembuatan SKCK yaitu 1 hari.

    3 komentar: